Monday, June 4, 2012

Applying English in A School

Dampak era globalisasi yang semakin terasa menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib untuk dipelajari, karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang di pakai oleh hampir di seluruh dunia di berbagai sektor, baik dalam politik, bisnis juga pendidikan. Hal inilah yang membuat bahasa Inggris diajarkan dari tingkat sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi.

Fakta nya memang bahasa Inggris diajarkan dan dipelajari di sekolah, namun sebagian besar bahasa Inggris belum bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebab itulah sebagian besar siswa hanya bisa menjawab soal-soal tertulis saja, bukan dalam conversation.
 
Hal tersebut adalah tugas terbesar para guru bahasa Inggris, mereka harus bisa membuat siswa menerapkan bahasa Inggris dalam keseharian mereka.
 
Berikut ini adalah beberapa cara agar siswa dapat menerapkan bahasa inggris dalam kegiatan komunikasi mereka dan dalam kegiatan harian mereka:
 
a. Morning English
 
Morning English yaitu kegiatan berbahasa Inggris yang dilakukan sesaat sebelum aktivitas pembelajaran di sekolah berlangsung baik berupa short conversation ataupun saying vocabulary, lebih baiknya hal ini dilakukan setiap hari secara rutin dan disiplin.
 
b. English Week
 
Yaitu di mana setiap siswa wajib berbahasa Inggris dalam minggu / hari tertentu di setiap kegiatan yang mereka lakukan, baik di kelas, kantor, dan juga kantin. Agar tingkat keberhasilan nya lebih tercapai English week ini harus dilakukan oleh setiap komponen sekolah; Kepala sekolah, Staff TU, guru, petugas kebersihan, Sekuriti, pedagang di kantin Sekolah dan para siswa sendiri. Selain itu disiplin yang tinggi juga harus dilakukan agar dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.
 
c. English Club
 
Yaitu pembentukan kelompok siswa yang dalam semua kegiatannya menggunakan bahasa Inggris . Kelompok ini dapat dijadikan wadah pembelajaran yang sangat efektif.

Beberapa cara yang dikemukakan tersebut tidak akan pernah berhasil tanpa disiplin dan dukungan dari setiap sekolah.

Written by : Dewi Karunia Dina, salah satu guru bahasa Inggris di Wilayah Cirebon. Bagi guru bahasa Inggris lainnya, jika ada unek-unek mengenai pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, silahkan kirimkan artikel anda di alamat email kami, at english.indo@yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment