Tuesday, April 24, 2012

Subject "Aneh" (2)

Setelah kita membahas subject aneh (1), sekarang saatnya melanjutkan pembahasan mengenai subject-subject aneh bagian 2.  Jika dalam pembahasan pertama, subject kalimat yang sangat tidak umum itu berupa infinitive dan gerund, maka dalam pembahasan kali ini berbeda dengan yang pertama.

Subject-subject kalimat yang tidak umum bag. 2 ini adalah berupa : (a) That Clause dan (b) Question Word. Meski sudah berkali-kali dijelaskan tentang cara memahami subject, namun mungkin saja kita lupa bahwa kata kata tersebut bisa menjadi subject pada sebuah kalimat. Agar lebih jelas dan mendetail, mari kita baca penjelasan di bawah ini :

THAT CLAUSE

Pada dasarnya, subject yang berupa that clause (beberapa pakar lain menyebutnya noun clause) adalah hasil inversi dari that clause sebagai complement. Sehingga dalam pemaknaannya, kita tak perlu ragu untuk membolak-balikannya. Contoh :

It was a miracle that anybody survived in the accident.
Dibalik menjadi
That anybody survived in the accident was a miracle.

It is well known that the meat manufactured in those factories is unsanitary.
Dibalik menjadi
That the meat manufactured in those factories is unsanitary is well known.

It surprised the doctor that the patient's condition had worsened so quickly.
Dibalik menjadi
That the patient's condition had worsened so quickly surprised the doctor.  

noun clause as subject

QUESTION WORDS

Question words (pertanyaan) juga bisa menjadi subject sebuah kalimat. Dalam hal ini, question words tersebut sudah berganti peran sebagai noun clause. Susunan pertanyaannya pun jelas sangat berbeda dengan pertanyaan biasa. Jika dalam declarative question biasanya ada auxiliary setelah kata tanya, maka ketika question words difungsikan sebagai subject tidak lagi seperti itu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, coba baca ilustrasi di bawah ini :

Question : When will the meeting take place?
Question sebagai object :  We haven't determined when the meeting will take place.
Quesetion sebagai subject : When the meeting will take place haven't been determined.

Contoh lain question difungsikan sebagai subject :

  • When the play will begin is uncertain.
  • How many fans attended the game is still unknown. 

Keterangan :

Dalam interrogative sentence seperti biasa susunannya ditambah auxiliary diantara kata tanya dan subject; plus ditambah tanda tanya (?) dalam tulisan. 

Sementara ketika interrogative sudah difungsikan sebagai subject atau object, susunannya berubah menjadi Question word + subject + verb. Auxiliary kembali kepada kata kerja asal.

Catatan Penting :

Ketika subject berupa That Clause dan Question (Kedua-duanya ada yang mengatakan "Noun Clause"), maka kejelian memilih subject utama dan kata kerja utama, sangat diperlukan. Karena dalam susunan ini, subject kalimat dan verbnya bisa terdiri dari 2 atau lebih. Misalnya :

That you love me so much makes me happy.

That you love me so much = subject utama
makes me happy = predikat utama
you = subject dari That clause.
love me so much = predikat dari That clause.

Nah, dari sini kita harus sangat jeli menentukan sebuah subject kalimat. Apalagi jika subject tersebut berupa Noun clause. Sekali salah menentukan subject utama sebuah kalimat, maka salahlah semuanya; maka dari itu, terutama bagi seorang penerjemah, jangan sampai keliru menentukan subject kalimat, oke..

No comments:

Post a Comment