Friday, April 27, 2012

Menangkal Jenuh Belajar Bahasa Inggris

Harus diakui, apapun itu pasti ada saat di mana rasa bosan dan jenuh datang secara tiba-tiba. Begitu pula dengan belajar bahasa Inggris, semakin lama semakin menjenuhkan juga. Sudah punya banyak novel berbahasa Inggris, tapi banyak vocabulary yang belum dikuasai; membuka kamus bilingual merasa malas.

Sudah lancar bicara bahasa Inggris tapi tidak ada teman yang bisa menemani berbincang-bincang meski sekedar dialog ringan. Andai sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Hmm.. kalau saya pribadi sih cukup satu saja, nyanyi lagu barat; alias jangan pernah lupa untuk memutar lagu barat berbahasa Inggris tentunya. Apalagi jika lagu tersebut lagu kesukaan, seperti lagu someone like you-nya Adele misalnya, atau Dear God-nya Avenged Sevenvold. Wuih pasti deh saya semangat lagi belajar bahasa Inggris.

kiat menangkal jenuh dan bosan belajar bahasa inggris

Tapi, tidak semua orang berpikir sama seperti saya karena saya yakin apa yang ada dalam diri sobat pasti berbeda dengan orang lain. Oleh karena itu, berikut adalah tips atau kiat-kiat menangkal jenuh belajar bahasa Inggris yang bisa dicoba oleh sobat-sobat semua.

Nonton Film Barat

Jika di rumah sobat memiliki dvd / vcd player, cobalah pinjam film-film barat kesukaan di rental VCD/DVD. Jangan beli bajakan ya :) Coba perhatikan subtitle berbahasa Indonesianya, apa ada yang aneh dan berbeda dengan apa yang sobat pahami dari perkataan si pemeran di film tersebut? Jika ada pasti deh sobat merasa penasaran, kok ngomongnya gini tapi artinya begitu? Dari situ "semoga saja" sobat mulai mencari tahu apakah karena itu adalah idiom, slang atau malah teknik penerjemahan yang "njlimet" sehingga ada expansion atau reducing.

Chatting dengan Orang Bule

Chatting di sini bukan berarti kita mendatangi negeri seberang menemui si bule, atau kita mesti pergi ke tempat pariwisata biar ketemu orang bule lalu mengajaknya berbincang-bincang. Namun chatting di sini lebih modern dong, sekarang kan zamannya facebook dan twitter, jadi tidak perlu repot-repot pergi jauh-jauh.Sobat hanya perlu mencari seorang berbahasa Inggris asli yang sehobi. 

Misalnya saja, sobat ngefans banget dengan artis beken saat ini si Adele, coba sobat invite salah satu di antara fans Adele untuk menjadi teman atau follower sobat. Nanti seandainya ia sedang OL, mulai deh sobat mengajaknya berbincang-bincang. Pertama diawali dengan tema Adele, seperti Hey, I am a fan of Adele in Indonesia, my real name is blah blah blah, can I be friend with you and share experiences? Tunggu deh beberapa saat, ia pasti menanggapi :)

Nah, kalau sudah begitu kan belajar bahasa Inggris semoga saja tidak lagi membosankan. Jika sobat tidak berani berteman dengan orang bule, sobat bisa kenalan ama sepupu saya saja yang sudah jadi warga negara Amrik sono. :) Dia punya suami bule. Wuih.. anaknya aja ngomongnya lancar banget kaya Vocalis Paramore, padahal baru 4 tahunan :)


Apa sobat memiliki pendapat lain cara menangkal bosa belajar bahasa Inggris? Yuk dibagi-bagi...

No comments:

Post a Comment