Saturday, April 28, 2012

Buku Kahlil Gibran - The Madman


Kahlil Gibran atau dikenal dikalangan arab dengan nama Khalil Gibran adalah salah satu sastrawan dunia yang sangat dikenal di Indonesia. Kepiawaiannya dalam mengolah kata kata membuat namanya kian hari kian mendapat sambutan yang sangat baik. Meski ada saja beberapa orang yang tidak menyukai gaya bahasa Gibran ini, namun kehadirannya dalam dunia sastra dunia menjadikan sastra semakin diminati oleh banyak kalangan.

Ketika masih di Libanon, Gibran menulis karyanya dalam Bahasa Arab. Sobat pasti mengenal lagu Sayap-sayap Patahnya Ahmad Dhani di Album Dewa bertajuk Bintang Lima. Lagu tersebut sepertinya merujuk pada salah satu karya Kahlil Gibran berbahasa arab al-Ajniha al-Mutakassira (Sayap - Sayap Patah) yang terbit pada tahun 1912. 

Setelah pindah ke Amerika, Gibran membuat satu karya terbesarnya yaitu The Prophet (Sang Nabi) dalam bahasa Inggris yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Dan masih banyak lagi karya-karya Gibran yang sangat terkenal. Saya sendiri lebih menyukai cerita cinta yang ada dalam Sayap-Sayap Patah, mungkin sobat juga memiliki pendapat sendiri mengenai karya Gibran terbaik.

Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa karya kedua Kahlil Gibran yang paling terkenal adalah The Madman (Si Gila). Meski berisi tulisan-tulisan ringan, The Madman sangat enak dibaca. Buku kecil berisi esei pendek dan puisi yang terbit pada tahun 1918 ini bisa menjadi inspirasi bagi yang membacanya.

Buku The Madman ini pun kini masih laris dijual di toko-toko buku. Berbagai penerjemah pun berebut menerjemahkan buku ini. Maka dari itu banyak sekali karya Kahlil Gibran yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan penerjemah yang berbeda-beda dan hasil yang beraneka ragam pula. Hal ini tentu membuat karya Kahlil Gibran menjadi bervariasi sehingga pembaca setia Kahlil Gibran mungkin sangat sulit memilih terjemahan berkualitas dari buku The Madman ini.

buku kahlil gibran, the madman, si gila kahlil gibranNamun jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tulisan asli Kahlil Gibran dalam buku The Madman ini, maka sobat perlu membaca versi aslinya, yaitu berbahasa Inggris. Dengan membaca versi tulisan asli yang berbahasa Inggris, sobat bisa dengan leluasa mengetahui keindahan tulisan Gibran meski perlu dinalar dan dipahami dengan kemampuan bahasa Inggris yang sobat miliki.

Untuk mendapatkan buku gratis Kahlil Gibran sebenarnya tidak sulit. Banyak ebook Kahlil Gibran yang bertebaran di Internet dengan format pdf yang disediakan secara cuma-cuma dan tidak bertujuan untuk dijual belikan. Namun jika ingin mendapatkan versi yang akurat (misalnya untuk referensi karya ilmiah), maka hard copy buku Kahlil Gibran perlu ini dimiliki. Nah, jika sobat ingin memiliki ebook gratis Kahlil Gibran berjudul The Madman ini, silahkan sobat klik pada link di bawah ini. Ukurannya kecil kok, paling cuma 200kb, sehingga sangat cepat didownload.


Jika sudah, selamat membaca kata kata indah dari buku Kahlil Gibran yang sangat terkenal ini. Namun jangan lupa, sediakan kamus agar bisa mengetahui berbagai kata bahasa Inggris yang belum dikuasai, oke..

No comments:

Post a Comment