Friday, March 2, 2012

Cara "Simple" Menulis Descriptive Text

Menulis, apapun jenis tulisan yang akan kita tulis, pastilah membutuhkan konsentrasi penuh. Begiitu juga dengan menulis descriptive text, meski konon dianggap mudah, kadang bisa terasa sulit jika kita tidak mengetahui cara membuatnya.

Harus dipahami bahwa tujuan umum tulisan deskriptif adalah agar 'pembaca' seakan bisa melihat, mendengar, atau merasakan apa yang dibahas dalam tulisan deskriptif tersebut. Misalnya, kita akan menulis descriptive text tentang komputerku; tulislah semua hal tentang komputer yang sobat miliki; baik warnanya, spesifikasinya, kinerjanya dan lain-lain. Intinya, tulisan tentang "komputer" yang sobat tulis bisa membuat pembaca seolah melihat komputer sobat.

Agar tidak terlalu panjang, ini dia cara sederhana menulis descriptive text :

  1. Temukan topik
  2. Pelajari topik tersebut
  3. dan Tulis!!!
Pertama, menemukan topik

Pilihlah tema tulisan yang pernah sobat lihat, dengar, atau rasakan. Dengan begitu, tulisan tidak akan terasa sulit karena sobat sudah pernah melihat atau merasakannya. Jika sobat ingin menulis tema lain yang terasa penting untuk ditulis, bolehlah asal nanti sobat bisa mempelajari topik tersebut.

Kedua, mempelajari topik.

Jika kita sudah pernah mengetahui obyek yang akan dijadikan descriptive text, pasti kita tidak perlu mempelajarinya lebih jauh lagi. Namun, jika kita tidak pernah mengetahuinya, alangkah baiknya dipelajari dengan sangat detail yaitu dengan cara seperti ini :

  • Baunya seperti apa?
  • Ukurannya berapa?
  • Bentuknya seperti apa?
  • Beratnya berapa?
  • Apa warnanya?
  • Ciri-ciri menonjolnya apa saja?
  • Apa ada benda lain yang mirip?
Nah daftar pertanyaan diatas hanya beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Masih banyak lagi pertanyaan yang lebih spesifik agar tulisan deskriptif bisa menjadi lebih hidup.

Ketiga, menulis!!!

Jika sudah mempelajari hal-hal di atas mari kita lanjut dengan menuliskannya. Seperti biasa menulis teks berbahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Kadang model tulisan benar, grammar salah ya sama saja tulisan dianggap salah. Grammar sudah benar tapi model penulisan salah, ya disalahkan. Jadi rajin-rajin menulis, agar kita tahu letak kelemahan kita dalam menulis teks berbahasa Inggris.

Untuk mempermudah cara menulis descriptive text, mari kita lihat tabel sedernaha berikut ini:

Topik
Deskripsi
HP kesayangku, SAMSUNG Google Nexus S i9023
Harga:  Rp. 5.500.000,-
Ukuran: 123.9 x 63 x 10.9 mm
Berat: 129g
Layar: - 480 x 800 pixels, 4.0 inches
- Oleophobic surface
- Contour Display with curved glass screen
- Multi-touch input method
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Touch-sensitive controls
- Proximity sensor for auto turn-off
- Three-axis gyro sensor
Memory : - Internal 16GB storage, 512 MB RAM
Ciri menonjol : Wallpaper Foto Cantik Wanita Manis
Fungsi : - SMS (threaded view)
- MMS
- Email
- Push Email
- IM
- RSS

Jika sudah, menemukan topik dan deskripsi di atas, sekarang saatnya tulis!!! Bisa kan, menulis descriptive text seperti keterangan dalam tabel di atas? :)

No comments:

Post a Comment