Saturday, March 3, 2012

Brosur (Brochure) - Bahasa Inggris

Brosur "Brochure" apa ya? Hmm... Sobat yang pernah mendapatkan tugas membuat brosur bahasa Inggris ayo acungkan tangan? Tugas bahasa Inggris saat ini memang aneh-aneh; tidak seperti zaman saya dulu masih sekolah. Sekarang siswa disuruh buat memo, iklan, surat pribadi, brosur dan lain-lain. Tapi ga apa-apa, toh ini juga sangat penting buat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita kan...

Untuk bisa membuat brosur berbahasa Inggris, sebenarnya tidak jauh beda seperti kita membuat iklan bahasa Inggris. Alasannya sederhana, kedua-duanya berfungsi mempromosikan produk ataupun jasa. Iklan bisa berbentuk gambar, suara bahkan video; sedangkan brosur hanya menggunakan media kertas sehingga brosur paling berisi gambar dan tulisan saja. 

Untuk lebih jelasnya mari kita baca keterangan di bawah ini :

Pengertian Brosur



Disebutkan dalam kamus COD (Concise Oxford Dictionary) kesayangan saya :) Brosur "Brochure" bermakna : a small book or magazine containing picture and information about a product or service. (Brosur adalah buku atau majalah kecil yang berisi gambar dan informasi tentang suatu produk dan jasa).

Sedang KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online menyebutkan tiga definisi brosur :

  1. Bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yg disusun secara bersistem;
  2. Cetakan yg hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid;
  3. Selebaran cetakan yg berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan atau organisasi) 
Jika disimpulkan, brosur adalah sebuah iklan yang terdiri  1 lembar atau lebih, yang berisi keterangan singkat, padat  mengenai produk, jasa, perusahaan, sekolah, instansi, dan lain-lain dengan tujuan berpromosi. Biasanya kertas brosur bisa dilipat :)

Dengan demikian membuat brosur pasti akan lebih sulit dari pada iklan. Karena, (sobat tahu sendiri dong) membuat satu - dua paragraf descriptive text saja sulit kan? :)

Cara Membuat Brosur


Untuk membuat brosur, khususnya brosur bahasa Inggris, hal paling pertama dan utama adalah kita harus mampu menulis teks berbahasa Inggris :) 

Sedangkan selebihnya, sama saja seperti membuat brosur dengan bahasa Indonesia. Karena brosur tidak jauh beda dengan iklan, untuk selengkapnya baca [iklan bahasa Inggris] karena disitu juga ada keterangan cara membuat iklan yang baik...

When you’re writing a brochure, write it so that someone who has never heard of your company can understand what you’re offering as quickly as possible. Stay away from using jargon, acronyms, or complicated terms. If you’re not sure what to write, make a list of “what we do” and then a list of “why our products or services are the best.” Use that information to create your brochure.

Kira-kira artinya seperti ini :)

brosur bahasa inggris
Buatlah brosur dengan tujuan agar orang yang belum pernah tahu tentang produk, perusahaan, sekolah, jasa dll yang anda, memahami apa yang anda tawarkan secepat mungkin. 

Hindari  penggunaan jargon "bahasa tertentu", singkatan, atau istilah yang sulit dipahami. Jika anda tidak yakin apa yang harus ditulis, buatlah daftar, "APA Yang KITA LAKUKAN" lalu buatlah daftar, "MENGAPA PRODUK atau JASA KITA ITU TERBAIK". Gunakan informasi tersebut untuk membuat brosur, oke....

Disebabkan brosur berisi dengan teks, maka kita butuh kertas untuk membuatnya. Bolehlah ditulis secara manual. Namun ada cara membuat brosur dengan menggunakan Microsoft Office Word lho.. Namun, sobat perlu mendownload template brosurnya dahulu... :) Agar tidak repot download lewat Microsoft, sobat bisa download saja ya di sini :

Contoh Brosur


Dengan satu halaman, pasti tidak akan cukup untuk memberikan contoh brosur di sini. Namun jangan khawatir, saya sudah menyediakan link download brosur berbahasa Inggris untuk sobat, oke.. silahkan sobat pilih sendiri contoh brosur di bawah ini :

Technology Business Brochure : Format Doc. Unduh di sini
Recruiting Brochure for Job Fair :Format Doc. Unduh di sini
Travel Brochure : Format Doc. Unduh di sini

Demikian keterangan singkat tentang brosur bahasa Inggris, semoga informasi ini bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment