Monday, February 13, 2012

Memenangkan Lomba Pidato "Bahasa Inggris"

Ingin menang lomba / kontes / kompetisi pidato bahasa Inggris? Sobat harus baca beberapa poin penting berpidato dalam artikel ini. Coba santai sejenak karena tips atau cara ini tidak menyangkut dengan pidato kenegaraan ataupun kampanye partai politik..

Sejujurnya, syarat utama dalam berpidato bahasa Inggris adalah sobat harus lancar berbicara bahasa Inggris (Jangan baca: Cara Ekstrim Lancar Bicara Bahasa Inggris). Jika sobat tidak lancar dalam speaking bahasa Inggris, alangkah baiknya sobat tak usah "terpaksa" ikut lomba pidato bahasa Inggris. Jika sobat "terpaksa / dipaksa" ikut lomba dengan keadaan tidak siap berbicara lancar dalam bahasa Inggris, saya khawatir akan ada beberapa hal yang memalukan saat sobat sedang berpidato di depan juri dan hadirin lainnya.

Namun jika sobat sudah merasa yakin lancar berbahasa Inggris, saatnya sobat harus mengetahui beberapa hal penting dalam memenangkan lomba pidato bahasa Inggris di bawah ini, Oke...

PETUNJUK TENTANG CARA MEMENANGKAN LOMBA PIDATO BAHASA INGGRIS

1. ISI PIDATO 

PENGEMBANGAN PIDATO ( Skor 10%)

Struktur dan Pengaturan isi Pidato

  1. Pembukaan yang menarik perhatian
  2. Isi Pidato
  3. Kesimpulan
 Catatan :

* Cara mencari perhatian penonton dalam berpidato, sebaiknya merujuk kembali pada Pembukaan
* Jangan lupa untuk memungkinkan reaksi dari penonton seperti tertawa atau ragu-ragu dalam pidato Anda.

Bahan / Materi Pendukung:

  1. Judul: Jelas, tidak ambigu, dan tajam.
  2. Penggunaan alat bantu visual dan / atau alat keperluan pidato: Jika Anda menggunakan alat bantuan visual atau alat bantu pidato lainnya, pastikan Anda dapat menggunakannya dengan benar dan tenang.
  3. Gunakan humor dalam pidato Anda. Ciptakan emosi penonton dan juri!

EFEKTIVITAS PIDATO (Skor 10%)

Pencapaian Tujuan
: Pidato Anda harus memiliki tujuan yang dapat diidentifikasi / dikenali: seperti untuk mendidik, memotivasi, menginspirasi, mengangkat "moral", atau membujuk.

Minat Penonton: Berpidatolah dengan isi positif, dan jangan pernah berisi hal-hal berbau negatif karena tujuan berpidato adalah agar penonton bisa terinspirasi, terhibur, atau diberi informasi. Jangan berbicara tentang topik yang terlalu kontroversial dan mungkin menyinggung beberapa penonton.

NILAI PIDATO (Skor 10%)

Ide, Logika, dan Pemikiran Asli: Cobalah untuk berpidato dengan membahas topik-topik materi terkini yang segar dan baru. Hindari berbicara tentang materi kuno yang kebanyakan orang sudah mengetahuinya.

2. PENYAMPAIAN PIDATO

PENAMPILAN SAAT BERPIDATO (Skor 10%)

Penampilan fisik harus rapi, rambut tidak acak-acakan, pokoknya rapi "menurut" kaidah orang Indonesia pada umumnya.

Bahasa Tubuh saat berpidato: tidak boleh berkeliling di sekitar panggung, gerakan tubuh harus tertata rapi. Pastikan gestur tubuh sesuai dengan suara pidato dan cobalah hindari kelakuan buruk yang sering anda lakukan.(ngu*il, misalnya)

SUARA SAAT BERPIDATO (Skor 10%)

Fleksibilitas: Suara Anda harus bergerak dari satu nada satu ke nada yang lain agar reaksi penonton positif dan terbawa oleh pidato sobat.

Volume: Gunakan berbagai tingkat volume suara untuk menekankan beberapa bagian pidato tersebut. Tapi juga pastikan suara Anda selalu keras dan cukup jelas bagi para penonton agar terdengar jelas seluruh pidato yang anda sampaikan!

CARA PENYAMPAIAN (10%)

Jadilah percaya diri dan profesional. Ketika anda berbicara langsung kepada penonton. Anda harus tahu isi pidato secara menyeluruh; terus berbicara meskipun ada beberapa bagian yang anda lupa. Jangan sampai penonton / juri tahu bahwa anda lupa isi pidato. Intinya selalu antusias dan percaya diri ketika berpidato.


3. BAHASA PIDATO

AKURASI (20%)

Akurasi bahasa dalam bidato sangat penting. Periksalah isi pidato Anda sebelum Mengubah Pronoun (kata ganti) dari orang ketiga (he, she) ke orang pertama (I). Karena hal tersebut bisa mengurangi nilai "bahasa" pidato anda. Dan juga struktur bahasa lainnya.

PENGUCAPAN (10%)

Jika ada kata yang sulit diucapkan, jangan pernah mencoba mengucapkannya, ganti kata tersebut dengan padanan yang sama. Misalnya kata murderous, jika susah diucapkan ganti saja sinonimnya danger.

PEMILIHAN KATA (10%)

Gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh penonton. Meskipun begitu anda harus tetap mengikuti kadiah pemilihan kata yang tepat. Jangan sampai ada kata yang tidak pas diterapkan dalam sebuah pidato. Misalnya saja penggunaan kata non-formal, hey dudes ! What the hell is this speech!! :)

PETUNJUK AKHIR

Praktek, praktek, praktek! Praktek di depan berbagai jenis manusia :) Cobalah berlatih pidato bahasa Inggris anda di depan kawan dekat, kawan jauh, ibu guru IPS, bapak guru biologi, dan tentu bapak dan ibu guru bahasa Inggris. Lihatlah respon mereka.... Tanyakan, apa yang kurang dari pidato yang anda sampaikan... Apakah sudah mirip dengan pidato Obama???

Catatan: Jangan lupa berdo'a :)

No comments:

Post a Comment