Wednesday, January 18, 2012

Manfaat (Advantages) the Grammar-Translation Method

 Setelah kemarin membahas ciri-ciri grammar-translation method, kini saatnya mengetahui beberapa manfaat grammar-translation method. Seandainya grammar-translation method tidak memiliki manfaat, pasti tidak ada guru bahasa Inggris yang mau mengajarkan dengan metode pengajaran klasik ini, betul tidak?

Namun nyatanya, di Indonesia sendiri masih banyak guru yang "secara tidak langsung" menggunakan metode kuno ini dalam mengajarkan bahasa Inggris. Apa masih ada manfaat mengajarkan bahasa Inggris dengan metode ini? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita lihat bersama-sama beberapa manfaat dari  grammar-translation method di bawah ini :
  1. When words and phrases are translated into mother tongue, his understanding of those words become very better and quicker. (ketika kata dan frasa diterjemahkan dalam bahasa ibu, pemahaman siswa dalam kata-kata tersebut menjadi lebih baik dan lebih cepat)
  2. The Grammar-Translation Method develops the art of translation. (Grammar-translation method mengembangkan seni penerjemahan)
  3. In this method the child associates foreign words with translated words so strong memory bond is created. (dalam method ini, anak kecil menghubungkan kata-kata asing sehingga ikatan memori yang kuat bisa terbentuk)
  4. The use of mother tongue helps the children in vocabulary getting. It saves time and more effective. (penggunaan bahasa ibu membantu anak-anak mendapatkan kosakata. Hal ini menyingkat waktu dan lebih efektif)
  5. The words and phrase are easily learnt and explained if translation method is used. (kata-kata dan frasa dengan mudah dipelajari dan dijelaskan jika metode penerjemahan digunakan)
  6. The working knowledge of mother tongue helps them to learn grammar of a foreign language. (pengetahuan tentang bahasa ibu yang telah berhasil bisa membantu siswa mempelajari tata bahasa asing)
  7. The principle of "to proceed from known to unknown" is followed. (mengikuti prinsip "meneruskan dari kenal dan tak dikenal")
  8. Through this method we can test the ability of comprehension of our students and we can know the form of understanding the subject matter. (melalui metode ini kita dapat menguji kemampuan pemahaman siswa  dan kita dapat mengetahui bentuk pemahaman materi ajar)
  9. English grammar can be easily taught by comparing with the grammar of mother tongue. (grammar bahasa Inggris dapat diajarkan dengan mudah melalui perbandingan grammar bahasa ibu)
Nah setidaknya kesembilan manfaat grammar-translation method di atas sudah mewakili berbagai manfaat yang mungkin sudah banyak dirasakan oleh beberapa guru bahasa Inggris yang sering menggunakan bahasa ibu (bahasa Indonesia, red) dalam mengajarkan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment