Thursday, December 8, 2011

Simple Present + 20 Contoh Bonus

Anda sibuk belajar tenses bahasa Inggris? Jangan menyerah anda pasti bisa. Untuk sekedar pembukaan, yuk kita pelajari dahulu bagaimana memahami simple present, Ok.

Simple present dalam tenses bahasa Inggris adalah pelajaran pertama. Jika dibandingkan dengan tenses lainnya, simple present menempati urutan kedua termudah setelah simple past. Namun, ada beberapa siswa yang kesulitan dalam membuat contoh simple present. Memang pada dasarnya contoh simple present bisa kita temukan di keseharian kita, namun kadang untuk menulis contoh simple present, kita sering sekali bingung bagaimana memulainya.

Untuk itu, jangan terburu-buru melihat contoh simple presentnya, mari kita pelajari dahulu apa sih simple present itu. Untuk mempelajari simple present, kita dapat lihat pada gambar di bawah ini :


Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa simple present adalah tenses yang menyatakan fakta atau kebenaran umum yang terjadi dari dulu hingga sekarang dan nanti. Selain itu juga, simple present adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan aktifitas sehari-hari.

Jadi, setiap fakta umum seperti bumi itu bulat, air mengandung hidrogen dan oksigen, matahari terbit di pagi hari, harus menggunakan simple present. Terus, jika kita menyatakan aktifitas sehari-hari maka simple present juga harus digunakan. Oke..

Mari kita lihat 25 Contoh simple present berikut ini

  1. The sun rises in the east
  2. The sun sets in the west
  3. All dogs have four legs
  4. Water consists of hydrogen and oxygen
  5. The average person breathes 21.600 times a day
  6. Each person has one mouth
  7. Animals don't speak English
  8. Love ends with e in spelling
  9. Hate also ends with e in spelling
  10. The world is round

  1. Kathy usually sits in the front row during class.
  2. Daniel always eats a sandwich for lunch
  3. A lazy man usually gets up at seven in the morning
  4. Dina teaches English every day
  5. Budi and Cintya always go fishing every week
  6. Hendi often asks me to play Football every sunday
  7. Javanese people speaks Bahasa Jawa more often than Bahasa Indonesia
  8. Sundanese people speaks Bahasa Sunda more often than Bahasa Indonesia
  9. Aliya always study Mathematics every night
  10. I usually go to school by bus
Nah begitulah 20 contoh simple present.

Keterangan :

Untuk contoh simple present general truth (kebenaran umum), tenses tidak bisa dirubah. Jika kalimat simple presentnya positif, maka tetap harus dalam bentuk kalimat positif. Dan jika contoh kalimat simple present negatif, tetap dalam bentuk kalimat negatif. Mengapa tidak bisa diubah? Ya kan itu 10 contoh simple present tentang kebenaran umum, jadi ya tidak bisa diganggu gugat.

Untuk contoh simple present daily activities (aktifitas sehari-hari) tenses bisa diubah menjadi positif ataupun negatif, itu terserah anda.

Dalam kalimat positif, yang harus anda ingat adalah, penambahan s atau es harus sesuai dengan aturan yang ada.

Dalam kalimat verbal negatif, yang harus anda ingat adalah hanya memakai don't atau doesn't. Sedang dalam kalimat nominal negatif, yang harus anda ingat adalah pemakaian isn't dan are't.

Jika subject kalimat berupa HE, SHE, IT, NAMA ORANG TUNGGAL: LUSI, ANDI, HARRY, NAMA BINATANG ATAU BENDA TUNGGAL: A BOOK, THE CHAIR, A CAR, A LION, THE TIGER, DLL maka kata kerja dalam kalimat verbal negatif menggunakan DOESN'T. Dan kata kerja dalam kalimat nominal berupa ISN'T.

CONTOH :
Lusi doesn't speak English
A book doesn't consist of a complete grammar.
She is not here every morning.

Jika subject kalimat berupa, THEY, WE, I, YOU, PLURAL NOUN (KATA BENDA JAMAK) maka kata kerja dalam kalimat verbal negatif menggunakan DON'T. Dan kata kerja dalam kalimat nominal negatif berupa AREN'T.

CONTOH :

They don't like My Chemical Romance songs.
We don't want to go camping.
The books aren't on the table.

Jika ada pertanyaan, silahkan tanya guru anda saja ya... :-)
Lihat juga yuk... Rumus Tenses Yang Benar

No comments:

Post a Comment