Friday, December 16, 2011

Simple Past - Ulasan Singkat

Pelajaran tenses bahasa Inggris pasti sangat membosankan, namun begitu rasanya tidak sempurna jika blog yang mengupas tentang bahasa Inggris tidak berisi tenses bahasa Inggris.

Untuk itu, melanjutkan pelajaran simple present + 20 contoh bonus beberapa waktu yang lalu, sekarang saatnya mempelajari (kembali) simple past tense. Agar tidak dibilang menggurui, seperti biasa saya jelaskan menurut pakar ahli grammar saja. Dalam hal ini, mungkin lebih baik saya mengutipkan pendapat Betty S. Azar sebagai acuan. Pengambilan buku Understanding and Using English Grammar karangan Betty dalam menjelaskan tenses bahasa Inggris, dalam hal ini simple past, sangat pas mengingat isi buku ini tidak terlalu 'rumit' untuk dipahami.

Sebagai awalan, mari kita lihat tabel di bawah ini :


Dari tabel diatas, dijelaskan bahwa Simple past mengindikasikan aktifitas atau situasi yang berawal dan berakih pada masa lalu/lampau di waktu tertentu. Artinya, jika masa lampau tersebut tidak pada waktu tertentu maka tensesnya tidak menggunakan simple past.

Maksud kata a particular time (waktu tertentu di atas) adalah bahwa waktunya bisa diketahui dengan pasti. Misalnya pada contoh di atas, "I walked to school yesterdayKata yesterday adalah time signal (penanda waktu) dari simple past yang menunjukkan waktu tertentu tersebut.

Catatan :

Jika ada kata sambung (conjunction) berupa kata when pada dua klausa simple past, maka aktifitas simple past yang didahului when terjadi duluan dan lalu diikuti pada kalimat simple past yang tidak didahului oleh when. Dalam bahasa grammar, subordinate clause first, dan main clause second. Contoh pada kalimat, "Rita stood under a tree when it began to rain".

Analisis contoh di atas adalah :

(1) It began to rain = terjadi hujan dahulu (lalu)
(2) Rita stood under a tree = Rita berteduh di bawah sebuah pohon.

Untuk itu, alangkah baiknya kita lihat beberapa contoh simple past di bawah ini :

  1. I called Roger at nine last night; but he was not at home.
  2. I didn't hear the thunder during the storm last night.
  3. It was beautiful yesterday when we went for a walk in the park. The sun shone. A cool breeze blew. The bird sang.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Simple Past, Semoga bermanfaat....

Kembali ke = Tenses Bahasa Inggris (Explained)

No comments:

Post a Comment