Thursday, December 1, 2011

BELAJAR GRAMMAR TANPA BUKU GRAMMAR

Ada seorang kawan menanyakan cara mudah belajar grammar, lebih tepatnya belajar grammar bahasa Inggris. Ia menginginkan cara terbaik belajar grammar Inggris sehingga ia bisa menyesaikan soal grammar dengan cepat dan tepat. Saya pun bingung untuk menjawab pertanyaan cara paling baik belajar grammar tersebut, khususnya belajar grammar bahasa Inggris, karena sampai saat ini tidak ada cara paling cepat dan mudah belajar bahasa Inggris. Akhirnya, dengan spontanitas dan sedikit bercanda saya menjawab, "Cukup baca buku grammar saja tiap hari, pasti bisa."

Jawaban tersebut pasti membuat kawan saya tak puas, soalnya dengan didampingi guru profesional sekalipun, ia masih saja kesulitan ketika belajar grammar. Untuk beberapa orang, memang harus saya akui belajar tenses saja pusingnya minta ampun, apalagi belajar grammar bahasa Inggris dengan keseluruhan kontennya, waduh..

belajar grammar, belajar grammar Inggris, belajar grammar bahasa Inggris, grammar inggrisMateri grammar seperti subject-verb agreement, omitting in adverbial clause, inversions, subjunctive, verbs followed by gerund, verbs followed by infinitive, ditransitive dan monotransitive verb, cleft sentence, expletive it and there, declarative questions dsb pasti diambil dari buku grammar. (baca juga : buku grammar terbaik), jika istilah-istilah tersebut berasal dari buku grammar, bisakah kita belajar grammar Inggris tanpa menggunakan buku?

Jawabannya pasti bisa, orang anak kecil dari Jawa saja bisa bahasa Jawa tanpa memakai buku bahasa jawa kok.  Begitu juga anak kecil di Amerika bisa bahasa Inggris tanpa menggunakan buku bahasa Inggris. Loh, itukan untuk speaking, bukan grammar? Iya, tapi sama saja, yang terpenting adalah kita memiliki guru profesional yang bisa mengajarkan kita cara yang benar belajar grammar, titik. Itu saja.

Jika sudah mempunyai guru profesional, berapa waktu yang dihabiskan untuk belajar grammar hingga selesai?

Untuk yang ini tergantung kesiapan anda dalam belajar grammar. Dulu, saya belajar grammar dengan guru yang kompeten dalam bidang grammar Inggris seminggu 5 kali dengan intensitas perhari 6 jam: 3 jam materi dan 3 jam lagi latihan. Itu belum belajar grammar sendiri di rumah. Sehingga total saya belajar grammar sebulan menjadi 6 jam x 5 hari = 30 jam x 4 minggu = 120 jam. Itupun baru tingkat elementary grammar.

Untuk bisa mencapai tingkat advance, setidaknya anda harus belajar grammar selama 3 bulan. Jadi jika anda ingin bisa menjawab soal grammar dengan mudah, anda setidaknya harus belajar grammar selama 3 bulan x 120 Jam = 360 jam. Itu pun harus dibimbing oleh guru grammar yang baik. Dijamin, anda bisa grammar bahasa Inggris dengan mudah.

Meskipun begitu, tetap saja keberadaan buku grammar dalam menunjang kita belajar grammar jelas sangat diperlukan. Jika kita tidak memiliki buku grammar ketika kita belajar grammar sendiri, hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Sekali lagi, anda ingin belajar grammar tanpa buku? Temukan guru grammar dan buku grammar yang tepat.

Anda ingin belajar grammar tanpa guru dan buku? Silahkan saja, jika anda mampu.

Intinya, belajar grammar harus ada guru grammar dan buku grammar. Jika tidak, bersiaplah anda tersesat dalam grammar.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment