Wednesday, November 30, 2011

Pola Struktur Kalimat Bahasa Inggris

Sudah dijelaskan sebelumnya tentang definisi kalimat dan jenis-jenis kalimat, sekarang saatnya memahami pola penyusunan kalimat dalam grammar. Dalam membuat kalimat, kita harus tahu bagaimana menentukan sebuah subject kalimat (baca: cara memahami subject kalimat), kita juga dituntut untuk memahami beberapa kata kerja (verb), cara perubahan kata kerja ke dalam beberapa tenses dan masih banyak lagi.

Namun, satu hal yang perlu kita ketahui adalah pola struktur dasar kalimat dalam bahasa Inggris hanya sebatas hanya sebatas subject, verb, object, complement dan adverbial. Selebihnya, pola struktur kalimat adalah dependent clause yang diawali dengan kata sambung (conjunction). Untuk lebih jelasnya lihat screenshot di bawah ini :

kalimat bahasa inggris, pola kalimat dasar, contoh kalimat bahasa inggris

Dari gambar di atas, jelas sebenarnya sangat mudah menentukan struktur kalimat bahasa Inggris. Kita hanya dituntut untuk memahami subject, verb, object dan conjunction. 

Sebenarnya masih banyak lagi modifikasi kalimat bahasa Inggris, karena pembahsan mengenai modifikasi kalimat bahasa Inggris ini terlalu banyak, maka akan saya jelaskan pada tulisan berikutnya saja, Semoga.

No comments:

Post a Comment