Saturday, November 12, 2011

Bahasa Inggrisnya Kesemutan

Bahasa Inggrisnya kesemutan - Orang Indonesia memang ajaib, tidak sekolah saja mampu bertanya dengan bahasa Kedokteran. Apa bahasa Inggrisnya kesemutan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus tahu definisi kesemutan dalam bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online mendefinisikan kesemutan sebagai berikut:

ke·se·mut·an a berasa senyar (geranyam) pd anggota badan, spt digigit semut, terutama kaki dan tangan (krn lama duduk tanpa bergerak-gerak atau tertekan terlalu lama dsb): krn terlalu lama bersimpuh, kakiku menjadi – 

Dalam bahasa Indonesia, beberapa kata yang cocok dengan kesemutan adalah senyar, cekit-cekit, geringgingan, rasa geli. Mungkin juga anda sebagai salah satu orang yang pernah merasakan semutan, bukan?

Lalu apa bahasa Inggrisnya kesemutan?

Mungkin ada yang berpikir, jika semut = ant, maka kesemutan = anting. Seandainya anda adalah salah satu yang berpikir demikian, mohon maaf lelucon ini tidak membuat saya terbahak.

:-) Lupakan lelucon di atas, mari kita telusuri lebih lanjut, kesemutan adalah salah satu bahasa dalam ilmu kedokteran. Oleh karena itu, kita harus lebih hati-hati menerjemahkannya.

Dan setelah saya mondar mandir ke berbagai kamus, ternyata bahasa Inggrisnya kesemutan adalah :


Pins and Needles (Noun Plural) - Tingle (Verb)


Pins and Needles menurut Online Oxford Dictionary adalah  a tingling sensation in a limb recovering from numbness. Sedang menurut Ahli Kedokteran 'Pins and needles' (paraesthesia or limbs 'falling asleep') is a sensation of uncomfortable tingling, usually felt in the hands or feet. A common cause is awkward postures that compress the nerves. Tingling sensations can also be symptomatic of nerve damage or nervous system disorders.

Ada yang bersedia memberi contoh??  Karena terlalu lama bersimpuh, kakiku jadi kesemutan. Ayo terjemahkan!!!

No comments:

Post a Comment