Friday, September 9, 2011

Inikah Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris?

Cara cepat belajar Bahasa Inggris? saya pasti mengatakan "tidak percaya". Namun jika ada yang bercerita tentang Cara mudah belajar Bahasa Inggris, pasti saya percaya. Memang, ada banyak cara agar belajar Bahasa Inggris menjadi mudah. Namun, benarkah belajar bahasa Inggris itu mudah? Mungkin itulah pertanyaan yang pertama wajib saya jawab terlebih dahulu. 

Menurut pengalaman, belajar bahasa itu sebenarnya mudah jika kita memiliki ketertarikan atau interest pada bidang bahasa. Saya sendiri dahulu lebih mahir dan lebih tertarik mempelajari Bahasa Arab, namun dengan berangsurnya waktu, saya kemudian memiliki hasrat untuk mempelajari Bahasa Inggris. Karena pada dasarnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris tidak jauh beda, maka saya merasa tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada dalam Bahasa Inggris. Nyatanya, dengan modal ketertarikan akan Bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris akan terasa mudah meski dengan sedikit rasa lelah.
 

TAHAP 1 : CINTA BAHASA INGGRIS

Cara untuk lebih mudah belajar bahasa Inggris, yang pertama kali kita lakukan adalah mencintai Bahasa Inggris itu sendiri. Sebagai contoh, kita hobi menulis, maka sesekali kita mencoba belajar menulis dengan Bahasa Inggris. Dengan begitu, kita akan tahu apakah kemampuan menulis Bahasa Inggris kita sama baiknya dengan kemampuan menulis kita dalam bahasa Indonesia. 

Jika kita tahu akan kelemahan kita tentang Bahasa Inggris, maka alangkah baiknya kita mendekati (pdkt) dengan Bahasa Inggris itu sendiri ,dan tanyakan mengapa saya tidak bisa cara menulis bahasa Inggris sebaik kita menulis Bahasa Indonesia? 

Dengan seringnya kita bertanya, membaca, atau mengeluhkan tentang Bahasa Inggris, maka berangsur-angsur rasa penasaran kita akan memuncak sehingga kita semakin mengenal Bahasa Inggris yang selanjutnya mencintainya tanpa harus dipaksa terlebih dahulu. Contoh nyatanya seperti ini:

Bahasa Indonesia : Jarang sekali ku tatap matamu secerah ini....
Bahasa Inggris standar : I seldom look at your eyes this bright.......
Bahasa Inggris Puitis : Seldom do I gaze into such shiny eyes of yours......

Jika kita penasaran mengapa kata seldom bisa ditempatkan di depan kalimat dengan diiringi auxiliary  do sebelum subject seperti kalimat Bahasa Indonesia, maka sangat mungkin anda terus bertanya kepada yang bisa bahasa Inggris sehingga kata Seldom bisa ditempatkan di depan kalimat dengan diiringi auxiliary. Semakin banyak materi Bahasa Inggris yang anda tidak mengerti, semakin penasaran kita untuk mempelajarinya. Maka itu tanda-tanda anda telah menyukai bahasa Inggris.

Jika sudah sering merasa penasaran, sehingga anda secara sukarela belajar Bahasa Inggris tanpa harus didorong-dorong terlebih dahulu,  maka itu tandanya anda lebih menyukai Bahasa Inggris.


TAHAP 2 : BAHASA INGGRIS ITU Mudah; Bukan Berarti Cepat

Banyak orang mengharapkan untuk bisa belajar bahasa Inggris secara cepat, praktis, instan, kilat dengan kualitas terbaik. 

Jika anda adalah salah satu orang yang berharap demikian, maka renungkanlah apa ada ilmu yang dikuasai secara kilat? Hmm.. grammar bahasa inggris saja sulit????

Mungkin jika kita salah satu orang yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, maka cukuplah menetap di Amerika dan hidup berbaur dengan warga masyarakat disana, cukup sebulan saja, maka mungkin itu adalah cara belajar bahasa inggris cepat yang bisa saya berikan, meskipun ilmu yang didapat sekedar speaking a natural word saja. 

Namun, untuk mendapatkan kesempatan tersebut, kita tentu harus mondar-mandir kesana kemari terlebih dahulu, bukan? jelas cara belajar Bahasa Inggris tersebut sangat-sangat melelahkan dan mengeluarkan banyak biaya. 

Intinya, segala yang mudah belum tentu cepat. Sebagai contoh: merebus air itu mudah, namun belum tentu diselesaikan secara cepat,  seperti kilat, bukan? Ada sebuah proses yang harus dilalui dulu, dari menyalakan kompor, menunggu hingga mendidih lalu menuangkannya ke dalam termos. Mie instan saja butuh kita rebus dulu, tidak ada yang instan kan?


belajar bahasa inggris, cara cepat belajar bahasa inggris, cara mudah belajar bahasa inggris
Nah, Proses tersebut yang akan menunjukkan betapa mudahnya belajar bahasa Inggris, cobalah dari yang lebih mudah dahulu dari tingkat elementary, pre-intermediate, intermediate, pre-advance, hingga tingkat advance. Dari situ anda akan sadar, bahwa Belajar Bahasa Inggris itu mudah meski tidak bisa dilakukan dengan cepat.


Maka jangan pernah berharap kemudahan berbahasa Inggris jika kita menganggap ada cara cepat belajar Bahasa Inggris..... Ingat lho, Bahasa Inggris itu bukan cuma Speaking, Reading, Listening, dan Writing saja. Keempat skills tersebut membutuhkan pemehaman tentang Cross-Cultural Understanding, Grammar, Natural Vocabulary, Style, Semantics, Pragmatics, Literature, Syntax, Morphology, Phonology, Phonetics, dan masih banyak lagi........ 

Coba bayangkan, bisakah mempelajari hal-hal yang saya sebut diatas secara cepat?????

Jawabannya tidak, oleh karena itu yang terpenting bukanlah seberapa lama kita mempelajarinya, namun seberapa besar kita mau menumbuhkan minat dan bakat kita sehingga belajar bahasa Inggris terasa lebih mudah, itu saja.

Jadi, Inikah Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris?

INGIN YANG INSTAN? BACA SAJA...

No comments:

Post a Comment