Wednesday, March 16, 2011

Noun Patterns


Seperti diketahui bahwa noun adalah salah satu elemen paling penting dalam membentuk sebuah kalimat. Oleh karena itu saya (jika masih diberi kesempatan untuk menulis) akan membagikan referensi Bahasa Inggris yang lebih mendetail mengenai noun agar kita sama-sama memahami bahwa mempelajari noun dalam Bahasa Inggris tidak hanya berhenti pada tataran jenis dan fungsi noun saja. Sehingga dengan sangat antusias saya putuskan untuk melayangkan pembahasan noun yang lebih mendalam lagi. Referensi Bahasa Inggris yang akan saya kutipkan sekarang ini adalah Buku karya A. S. Hornby, seorang yang dikenal sebagai penulis kamus Oxford. Hornby sendiri dalam cover belakang buku yang akan kita jadikan Referensi  ini mengatakan bahwa Buku berjudul Guide to Patterns and Usage in English 2nd edition—diterbitkan oleh Oxford University Press— adalah  buku pendamping bagi pengguna kamus Oxford. Maka dari itu sangat disayangkan jika Buku tersebut tidak dibahas dalam blog ini. Sebagai pembukaan  sekaligus merenggangkan otak-otak yang sedang karatan, saya akan mengutipkan pembahasan dalam buku A. S. Horby tersebut mengenai noun terlebih dahulu meski Hornby sendiri memulainya dengan pembahasan Verb.

Oleh sebab itu, sebagai pemanasan, mari kita kupas sedikit tentang Noun Patterns. Saya adaptasikan  tulisan Hornby (1975:112) tentang Noun Pattern ke dalam tabel berikut:

NP
Bentuk
Contoh
NP1A
Noun + to infinitive
Attempt to climb = he attempt to fly
NP1B
Noun + to infinitive
Anxiety to leave = anxious to leave
NP1C
Noun + to infinitive
House to live in
NP2A
Noun + Preposition + Noun/Pronoun
Anxiety for news
NP2B
Noun (+Preposition) + Conjunctive + Phrase/Clause
Mystery (of) why she left
NP3
Noun + that clause
News that she had left

Contoh dalam kalimat:

1.       Another attempt to climb Mount Everest was made in the following year. NP1A
2.      His anxiety to go was obvious. NP1B
3.      He has a large family to support. NP1C
4.      There is no need for anxiety. NP2A
5.      Few people know how to do it. NP2B
6.      The news (that) her son had been killed was a great shock. NP3

Namanya juga pemanasan, jadi cukup sekian saja (padahal lagi laper…hehe). Penjelasan berikutnya semoga bisa dihadirkan dalam posting selanjutnya.

No comments:

Post a Comment