Thursday, March 10, 2011

Kiat Memahami Kalimat Ber-Have

Posting tersingkat, agar cermat diingat-ingat. Yah, begitulah Berhari-hari sudah saya bergelut dengan hiruk pikuk dunia nyata yang ternyata samar-samar layaknya dunia maya ini. Namun akhirnya, sudah saatnya saya kembali hadir disini sekedar mengisi daftar hadir biar tidak ada yang mengatakan saya telah HILANG.

Sekali lagi mohon maaf, Judul posting ini juga terlihat aneh seperti judul posting sebelumnya tentang memahami kalimat ber-to be. Memang beberapa hari ini saya lagi rada aneh, gonta ganti template terlalu sering, padahal blog ini bukan blog percobaan.

Langsung saja,  kata kerja have mungkin terlihat mudah dimata, gampang diingat, hingga tak perlu mikir serius untuk ditulis. Akan tetapi, kenyataannya kita lupa bahwa have yang sederhana ini membuat tulisan yang telah kita buat jadi berantakan gara-gara ada kekurang telitian kita ketika berbicara, menulis ataupun menjawab sebuah pertanyaan dalam Bahasa Inggris.

Seperti halnya to be, kata kerja have juga memiliki dua kepribadian yaitu sebagai ordinary verb dan auxiliary verb. Agar tak sering keliru, saya coba meringkas hal-hal penting yang berhubungan dengan kata kerja have ini.

Contoh kesalahan umum yang berhubungan dengan kata kerja have ini:
She have a book, seharusnya She has a book
They has books, seharusnya They have books
I have understand English, seharusnya I have understood English

Intinya:

  • Jika setelah have itu noun, pronoun, ataupun jenis object lainnya, maka have tersebut adalah ordinary verb, umumnya diartikan "memiliki". Contoh: I have a book.
  • Jika setelah have itu verb, maka have tersebut adalah auxiliary verb, wajib kata kerja setelahnya menjadi past participle atau V3. Have jenis ini biasa diartikan "sudah/telah". Contoh: I have written a letter.
  • Kedua aturan diatas berlaku meski kata kerja have adalah irregular verb yang bisa diubah menjadi to have, have, had, had, dan having.
    Mohon Maaf Sebesar-besarnya, semoga dengan memahami have ini, kita bisa membuat kalimat dengan lebih baik dan teliti lagi. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment