Monday, March 14, 2011

Kamus Monolingual Bahasa Inggris Yang Baik

What is The Best Monolingual English Dictionary? Mungkin ada di benak kita tentang kamus Bahasa Inggris terbaik yang harus kita miliki, kita pelajari, kita sayangi. dan kita jadikan referensi. Ya, Kamus Bahasa Inggris yang baik tentu bisa dijadikan referensi yang baik. Ketika kita kesulitan menemukan makna sebuah kata, salah satu cara paling baik adalah bertanya kepada kamus tersebut. Atau jika kita tidak tahu akan cara pelafalan sebuah kata dalam Bahasa Inggris, kamus bisa dengan segera memberikan jawabannya. Karena bagaimanapun juga, sebagai warga Negara Indonesia yang tentunya berbahasa Indonesia,kita tidak bisa dengan seenaknya memaknai ataupun melafalkan sebuah kata dari Bahasa Inggris dengan tanpa dasar apapun. Jika kita percaya pada kamus bilingual seperti kepunyaan John M. Echols dan Hassan Shadily, itu wajar karena kita membutuhkan makna kata dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia. Namun kadang dalam kamus bilingual tersebut masih ada saja yang kurang dan tidak kita temukan. Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan memiliki sebuah pegangan yaitu kamus monolingual Bahasa Inggris sebagai pendamping kamus bilingual yang kita miliki. 

Kamus monolingual bisa diartikan sebagai kamus satu bahasa, maka kamus monolingual Bahasa Inggris adalah kamus yang isinya berbahasa Inggris, bukan?. Lalu kamus monolingual Bahasa Inggris seperti apa yang bisa dijadikan referensi yang baik? Nah disini saya akan mencoba bercerita tentang tanda-tanda, ciri-ciri, ataupun karakteristik kamus monolingual Bahasa Inggris yang baik. Untuk lebih jelasnya lihat tabel dibawah ini:


Ciri Kamus Monolingual Bahasa InggrisYang Baik
Tampilan
1.  Pendahuluan Jelas
2.  Memiliki entry guide
3.  Tampilan jelas
Grammar
1.   Menjelaskan pola kegunaan sebuah kata
2.   Menampilkan makna parts of speech yang berbeda
3.   Menjelaskan tentang phrase, collocation, dan idiom yang berkaitan
Vocabulary
1.   Menampilkan label sebuah kata
2.   Menampilkan bentuk kata yang umum digunakan beserta bentuk inflected nya
3.   Menampilkan informasi yang berkaitan
4.   Menampilkan bentuk irregular seperti kata kerja, bentuk plural dan sebagainya.
5.   Menampilkan pronunctiation / cara pelafalan sebuah kata dan simbol phonetic-nya
6.   Menampilkan synonym dan antonym.
Definisi
1.   Makna dalam sebuah kalimat yang jelas beserta entri dan makna yang berbeda
2.   Makna tidak menggunakan vocabulary yang sulit dipahami
3.   Makna tidak menggunakan syntax atau grammar yang sulit
4.   Makna terlihat natural
Contoh
1.   Menampilkan contoh dalam Bahasa yang nyata adanya
2.   Menampilkan informasi tambahan tentang konteks kegunaannya
3.   Contoh dalam bentuk gaya bahasa Inggris yang cocok dan sesuai


Sebenarnya masih ada satu ciri lagi, namun kelima kategori ciri kamus monolingual Bahasa Inggris diatas sudah sangat cukup untuk dijadikan referensi yang baik. Biar tidak bingung mencari kamus monolingual Bahasa Inggris seperti apa yang harus kita miliki (meskipun saya juga tidak punya hehe) ini dia Dua Kamus monolingual Bahasa Inggris yang bisa menuntun sobat-sobit semua ke jalan yang Baik dan Benar dalam memahami Bahasa Inggris:

Collins Cobuild Advanced Learner's English Dictionary (CALD) Fifth Edition, diterbitkan oleh Harper Collins Publishers pada January 2006

Oxford Advanced Learner's Dictionary (OALD) Seventh Edition,  diterbitkan oleh the Oxford University Press pada bulan  February 2005

Meskipun jumlah kamus monolingual Bahasa Inggris begitu banyak, namun kedua kamus tersebut tentu wajib anda memilki sebelum mendapatkan kamus-kamus lain jika memang anda ingin mempelajari Bahasa Inggris dengan Referensi yang memadai.
Sekian saja, jika ada yang mau didiskusikan, mari kita diskusikan bersama. Terima Kasih.


Lihat lebih banyak tulisan mengenai kamus bahasa Inggris di link di bawah ini:
 

Kumpulan ulasan mengenai kamus (dictionary)

No comments:

Post a Comment