Tuesday, February 1, 2011

Dilarang Patah Hati: Pesan dari Slipknot

Dilarang Patah Hati, mungkin itulah pesan yang diungkapkan dalam lagu yang akan saya bahas kali ini. Sebuah pesan yang sungguh berharga, hampir mirip seperti pesan kawanku yang mengatakan untuk tetap semangat dan melakukan yang terbaik. Menu pembuka bulan penuh cinta, katanya. Yah begitulah bagi mereka yang senang merayakan valentine, tapi bagi saya February atau Januari sama saja. Karena itulah Sejenak saja, kita tinggalkan terlebih dahulu segala embel-embel tentang referensi, biar seakan-akan blog ini tidak disangka perpustakaan bahasa. Maka dari itu, saya lepaskan semua atribut ‘menurut ini, according to, in accordance with, in relating to, dan semua yang berbau kutipan, quotes, paraphrases, baik dari buku, jurnal, notes, reports, thesis, dissertation dan sejenisnya. Karena kali ini saya akan menganalisa sebuah lagu cinta, biar dianggap sedikit beda meski ujung-ujungnya juga tentang bahasa. Tapi jangan berburuk sangka, yang akan saya bahas ini bukan lagu cinta biasa, karena lagu cinta ini dibawakan oleh segerombolan manusia yang tak pernah menyanyikan dendang lagu beraroma asmara. Karena mereka adalah pembangkit amarah para tetangga jika sobat-sobit semua mengencangkan suara sound system yang anda punya. Ingat ini hanya analysa saya saja; jika benar berarti ‘tak sengaja’, tapi jika salah ‘memang begitulah adanya.’ Siap dan jangan kaget karena saya akan membahas lyrics SLIPKNOT; Keep on Rockin’ bro n sist!!!

Vermillion, Pt. 2

Songwriters: Jordison, Nathan J; Root, James Donald; Thomson, Mickael; Gray, Paul D; Taylor, Corey; Jones, Craig A; Crahan, Michael Shawn; Wilson, Sid; Fehn, Chris;

Verb
Seem
Dress
Stretch
Leak
Cover
Believe in
Catch
Choke
Tear
Build Up

Noun
Shame
Torment
Pain
Myth

Adjective
Unrequited
Unattainable

Kata Kerja
Nampak
Berpakaian
Membentangkan
Menetes
Melindungi, menutupi
Percaya pada
Menangkap
Tersedak
Menyobek
Meningkat

Kata Benda
Rasa malu
Siksaan
Rasa Sakit
Mitos

Kata Sifat
Tak terbalas
Tak tercapai


Seem =Intransitive Verb: linking verb/copular verb, harus diikuti oleh adjective
Dressed = past participle, subjective complement, difungsikan sebagai adjective karena di dahului oleh copular verb.
Stretched = sama seperti dressed, namun menghilangkan conjunction and pada awal baris.
Leaked = past tense; intransitive verb,  dari subject all the torment and the pain.
Covered = sama seperti leaked.
Myth = noun, subjective complement
That I have to believe in = adjective clause, menerangkan myth.
Belive in: phrasal verb

Bait Kedua, hamper sama seperti bait pertama dimana
Is = intransitive verb/copular verb harus diikuti complement, karena berbentuk to be maka tidak wajib selalu diikuti adjective, bisa saja noun lain atau adverb, atau semua yang bisa menjadi subjective complement.
Everything = indefinite pronoun, berfungsi sebagai subjective complement.
The Unrequited dream = noun phrase, fungsinya sama seperti everything. Menghilangkan conjunction and sebelumnya.
The song = sama seperti the unrequited dream.
That no one sings = adjective clause, menjelaskan the song
The unattainable = sama seperti the unattainable, hanya menghilangkan head yang berupa indefinite pronoun one. Frase yang sebenarnya adalah the unattainable one.

Namun pelajaran yang paling penting dari susunan grammatikal lagu ini adalah verb ‘let’.
I won’t let this build up. Kata kerja let diikuti oleh object + infinitive tanpa to.
Kata kerja let juga tidak biasa digunakan dalam kalimat passive. Lebih baik menggunakan kata allow jika digunakan dalam kalimat passive.

Sekian saja, analisis lagu kali ini, meskipun lagu ini dinyanyikan oleh gerombolan pria bertopeng yang dikenal dalam dunia rock, namun bukan berarti lagu ini tidak cocok didengarkan oleh ladies. Jika memang benar belum mendengarkannya, silahkan download lagu tersebut di situs-situs penyedia layanan download lagu. Saya jamin, lagu ini tak mengecewakan telinga sobat-sobit semua, it's romantic. Tapi jangan lupa jika mau download, cari vermillion pt 2, karena ada lagu slipknot yang berjudul vermillion yang lain tanpa pt 2 (itu lagu mereka yang lebih menantang telinga anda).

Yang sedang patah hati silahkan ngantri..



No comments:

Post a Comment