Tuesday, February 22, 2011

Cara Memahami Subject Kalimat

Dalam ‘Sentence Structure’ Bahasa Inggris, subject adalah hal pertama yang harus kita kenali, meskipun sebenarnya banyak yang harus kita pelajari. Pokoknya, mau atau tidak mau anda jika mau menguasai susunan kalimat Bahasa Inggris, maka anda harus mau mempelajari subject. Ringkas saja, tak perlu panjang lebar ini dia jenis-jenis subject yang harus anda kenali:

1.   Noun

Apapun jenisnya, noun semuanya bisa menjadi subject. Dari proper noun hingga collective noun semuanya bisa diterapkan sebagai subject kalimat. Jangan ragu-ragu, karena memang salah satu fungsi noun memang sebagai subject.

2.  Noun Phrase

Jika dibandingkan dengan noun, noun phrase sebenarnya lebih populer keberadaannya dalam susunan kalimat Bahasa Inggris. Namun intinya sama saja, noun phrase jelas bisa sebagai subject.

3.  Noun Clause

Meskipun penggunaannya tidak sebanyak noun dan noun phrase, noun clause sebenarnya sangat bisa menjadi subject. Namun, konon katanya ia lebih cocok sebagai object. Tapi tak usah bimbang, menggunakan noun clause sebagai subject menambah nilai kita bahwa kita bisa Grammar dengan baik.

4.  Pronoun

Tidak jauh beda dengan noun, karena memang pronoun lebih dikenal sebagai pengganti noun, maka sudah tidak asing lagi jika pronoun menjadi subject sebuah kalimat. Namun ada beberapa jenis pronoun yang kurang wajar dijadikan subject, seperti reflexive pronoun dan reciprocal pronoun.

5.  Gerund

Gerund (kata kerja yang dibendakan, katanya) sangat jelas mengandung makna noun sehingga wajar jika gerund mampu dijadikan sebagai subject.

6.  Gerund Phrase

Gerund phrase, sebagai keluarga besar bapak Gerund, harusnya mewarisi kekayaan yang dimiliki keluarganya (tuh kan nglantur). Maksudnya, karena Gerund phrase bertumpu pada Gerund maka tak perlu aneh jika gerund dijadikan sebagai subject.

7.  To Infinitive

Apa tuh to infinitive, pokoknya kalau ada to terus diikuti kata kerja murni (bare infinitive) maka itu yang dinamakan to infinitive. Meskipun umumnya to infinitive difungsikan sebagai object atau complement, namun tidak salah jika to infinitive dijadikan sebagai subject.

8.  To Infinitive Phrase

Seperti halnya hubungan antara gerund dan gerund phrase, to infinitve phrase juga berfungsi sebagai subject, tidak jauh beda dengan orang tuanya, si to infinitive phrase.

Untuk mempermudah pemahaman tentang jenis-jenis subject diatas, mari kita langsung saja lihat tabel berikut ini:

Jenis Subject
Contoh
Noun
Ani always goes to school every morning
Noun phrase
The famous mosque in Jakarta is Istiqlal
Noun clause
That Istiqlal is the famous mosque in Jakarta is true
Pronoun
She always goes to school every morning
Gerund
Eating is his hobby
Gerund phrase
Eating bakso is his hobby
To infinitive
To eat is his hobby
To Infinitive Phrase
To eat bakso is his hobby

Nb: 

To infinitive dan To infinitive Phrase dalam hal ini mempunyai makna yang sama dengan Gerund atau Gerund phrase. Dalam penggunaannya, kadang ada yang menghilangkan kata to –nya, meskipun intensitasnya tidak begitu banyak dan bahkan jarang sekali.

Sekian saja, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di buku-buku Grammar yang baik atau di Kamus monolingual berbahasa Inggris. Atau boleh didiskusikan disini. Thanks a lot….

No comments:

Post a Comment