Sunday, January 9, 2011

Topik Pembicaraan Yang DILARANG di Amerika


Oke, mari kita belajar bahasa inggris dengan mengenal orang bule (wong ndeso kenal bule, mimpi kali), ya setidaknya mengetahui apa yang tidak boleh dibicarakan oleh orang Amerika (jare wong jawane ngomong jorok).

Di Amerika emang ada yang ga boleh dibicarakan? Jawabannya (mungkin) YA. Saya akan menjelaskan tentang topik ini seperti ditulis oleh Claire (1998:1). Begini ceritanya:

Mungkin (bener) kata-kata hanyalah sebuah kombinasi dari berbagai bunyi. Akan tetapi (sering) orang tua, guru, ustadz dan Kitab Suci yang kita percayai mengajarkan kita untuk tidak mengatakan kombinasi-kombinasi suara tersebut. Nah begitulah kiranya yang disebut Taboo. Lalu apa saja topik-topik pembicaraan yang dianggap taboo bagi orang Amerika (Khususnya di Sekolah, Tempat Ibadah, Kantor-kantor tertentu, ketika rapat ataupun saat pesta yang dihadiri oleh semua kalangan termasuk anak-anak) Claire menjelaskan ada 6 topik yang sangat sepatutnya untuk tidak dibicarakan, yaitu:

·         Bagian seksual dari Tubuh manusia
·         Aktifitas yang berhubungan dengan seks
·         Fungsi-fungsi kamar mandi
·         Kotoran seperti (Air kenc...), (Tah..)
·         Hal-hal yang menjijikan seperti meludah dan membuang ingus
·         Hal-hal yang tak menggembirakan seperti penyakit kangker, kematian, dll.

Tidak hanya itu, ternyata di Amerika juga masih ada topik-topik pembicaraan yang sangat dianjurkan untuk dihindari (jare wong jawane makruh) yaitu tentang agama, politik, dan ras.
Lalu apa bedanya dengan di Indonesia???

Referensi
Claire, Elizabeth. 1998. Dangerous English 2000!. USA: Delta Publishing Company.

No comments:

Post a Comment